Sabtu, 09 April 2011

Lingkungan

KONDISI LINGKUNGAN HIDUP DI INDONESIA

Lingkungan hidup merupakan aspek utama yang menjamin kelangsungan hidup kita di dunia karena mempunyai peran penting dalam kehidupan kita. Namun, besarnya peran lingkungan hidup tidak kita imbangi dengan kepedulian kita terhadap kelestariannya. Seolah-olah kita tidak peduli dengan kerusakan lingkungan yang sedang dan akan terjadi.
Selama ini kita menganggap lingkungan hidup dengan sumber daya alam yang terkandung di dalamnya merupakan objek yang bebas kita manfaatkan. Kita terus mencari dan menggunakan kekayaan alam tanpa batas. Kita seolah lupa untuk memperbaiki keadaan lingkungan yang telah kita rusak karena proses tersebut.
Pemanfaatan sumber daya yang terdapat di lingkungan hidup memang bukan hal yang buruk. Hal ini wajar mengingat Indonesia adalah negeri yang kaya akan sumber daya alam. Pengelolaan lingkungan hidup pada akhirnya ditujukan untuk kelangsungan hidup dan kesejahteraan manusia di muka bumi ini.
Namun, pemanfaatan sumber daya alam yang tidak mempunyai pengetahuan mengenai lingkungan serta rendahnya kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga keseimbangan lingkungan dapat menjadi bencana bagi kelangsungan hidup manusia dan makhluk hidup lainnya di muka bumi. Ratusan bencana alam yang menelan ribuan korban jiwa dan kerugian material yang tidak terhitung jumlahnya terjadi karena kelalaian kita dalam menjaga kelestarian lingkungan. Mulai dari pencemaran limbah industri, tanah longsor, banjir, hingga kebakaran hutan adalah bukti nyata dari kelalaian kita.
Kita tahu bencana seperti banjir, tanah longsor, dan pencemaran lingkungan diakibatkan oleh ulah tangan manusia yang dengan seenaknya merusak keseimbangan ekosistem lingkungan. Gejala alam seperti hujan deras dan musim kemarau panjang hanyalah faktor pendukung saja. Menebangi pohon di hutan lindung, mengalirkan limbah industri ke laut tanpa mengalami proses pengolahan terlebih dahulu, membuang sampah ke sungai merupakan contoh yang menyebabkan terjadinya bencana.
Tanpa kita sadari, selama ini kita telah melakukan terjadinya bencana yang akan menyengsarakan kita. Hal itu merupakan hukuman setimpal bagi manusia yang selama ini tidak memperdulikan peringatan alam. Seharusnya kita sadar dengan teguran-teguran yang diberikan alam kepada kita. Teguran berupa hujan deras, musim kemarau berkepanjangan, kotornya udara perkotaan, berkurangnya area pepohonan di hutan, atau pun menumpuknya sampah di sana-sini. Teguran yang menandakan bahwa tidak lama lagi akan terjadi bencana yang jauh lebih dahsyat. Semua teguran itu datang dari Tuhan melalui alam sekitar kita.
Sungguh tidak adil jika kita terus menyalahkan pemerintah atas kerusakan-kerusakan alam yang terjadi di sekitar kita. Sebagai generasi muda penerus bangsa, kita harus turun tangan dan memberikan suatu aksi yang nyata dalam pelestarian lingkungan hidup. Kita memiliki tanggung jawab moral kepada anak cucu kita untuk mewariskan kekayaan alam Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar